Apa Yang Saya Lakukan Pada Fase Magang Minggu Ke-1

11 Oct 2015

Pekan pertama magang di Adkesma dapat dibilang mengejutkan. Bertemu kembali dengan kakak-kakak tingkat yang akan memandu dan berbagi pengalaman berharga mereka dengan teman-teman magangers yang juga tengah kebingungan dihadapi dengan tantangan baru. Jangan khawatir, kawan. Kita beradaptasi bersama-sama untuk FKM Juara.

Setelah selesai plotting magang bersama FKM UI 2015, tujuh mahasiswa terpilih pun akhirnya diberi kesempatan untuk magang di Adkesma dari entah berapa banyak pendaftar yang mungkin terdepak ke Nurani atau LK lainnya. Hari itu, Senin, 5 Oktober 2015 merupakan hari yang bersejarah untuk saya dan enam magangers Adkesma lainnya. Kami merasa beruntung dan bersiap akan rintangan yang akan kita hadapi bersama.

Setelah plotting magang, kami pun langsung berkumpul di Gedung A, tepatnya di depan ruang A 101. Kami pun berkenalan secara singkat dengan kakak-kakak Adkesma dan mencoba untuk mengenali mereka dengan baik. Senang rasanya ketika kami disambut dengan baik, ramah, dan hangat oleh kakak-kakak Adkesma. Kami juga disuguhi beberapa makanan ringan yang dalam waktu singkat habis oleh para magangers akibat kelaparan. Kami langsung merasa akrab dan menyatu dengan mereka dengan cepat.

Selesai perkenalan, kami pun langsung bertanya tentang jobdesc dan struktur Adkesma untuk persiapan tugas powerpoint kami. Kami juga mengatur jadwal magang kami selama satu bulan kedepan dan menetapkan beberapa tanggal penting untuk acara-acara Adkesma seperti BidikMisiShow dan Team Building. Setelah itu, kami seharusnya mengikuti rapat bidang adkesma namun karena waktu sudah memasuki jam malam akhirnya kami pun dipulangkan oleh kakak-kakak Adkesma dan beristirahat di rumah sembari mempersiapkan atribut magang untuk esok hari.

Selasa, 6 Oktober 2015, kira-kira pukul 18.00, magangers Adkesma berkumpul di lobby Gedung A dengan kak Haniena Diva, Ketua Departemen Adkesma BEM IM FKM UI 2014. Dengan pertanyaan yang seadanya serta rasa ingin tahu, kami bertanya mengenai berbagai hal tentang Adkesma. Alhamdulillah kak Diva dapat menjawab pertanyaan kami dengan baik dan memuaskan rasa keingintahuan kami terhadap Adkesma. Kak Diva bilang kami sudah baik dalam public speaking dan kak Diva bangga bisa mempunyai magangers seperti kami. Kami yang bangga terhadap Adkesma, kak.

Pada hari Jumat, 9 Oktober 2015, magangers Adkesma kembali berkumpul bersama PJ Magang Adkesma, kak Husairi untuk pergi ke Kampung Lio mengikuti RUJAK. Kepanjangan RUJAK adalah Rumah Belajar dan Kakak Asuh. Sebelum kami berangkat ke Kampung Lio menyusul magangers Sosmas, kami membuat materi yang akan kami ajari terlebih dahulu. Saya, sebagai perwakilan dari magangers Adkesma, membeli beberapa snack sebagai hadiah untuk anak-anak disana. Kira-kira jam 16.00, kami pun berangkat ke Kampung Lio bersama kakak-kakak Adkesma, Sosmas, dan Depor dengan menggunakan kereta.

Kesan pertama kami saat bertemu dengan anak-anak disana hanyalah tiga: ramai, berisik, dan bingung. Langsung saja dua anak kecil memeluk saya dan mengajak saya untuk bermain bersama. Sulit untuk fokus dan memberikan materi secara seutuhnya kepada anak-anak tersebut, tetapi kami tetap berusaha dan mengajarkan mereka mengenai bahasa inggris sayur-sayuran yang sering mereka temui. Senang rasanya bisa bertemju dan berbagi canda tawa bersama anak-anak itu yang dengan antusiasnya menyambut kami dengan penuh semangat. Tenang saja adik-adik, kami pasti akan datang lagi.

Esensi dari pekan pertama saya magang di Adkesma adalah kebahagiaan. Bahagia saya diterima oleh kakak-kakak Adkesma, bahagia saya bisa beradaptasi kembali dengan lingkungan baru yang mengasyikkan, bahagia bertemu kak Diva yang dapat dicontoh sebagai tokoh panutan di Adkesma, bahagia saya dapat berbagi ilmu melalui RUJAK yang menjadi highlight pekan pertama magang saya.


TAGS ui2015 publichealth


-

Author

Follow Me