Kebersihan Diri dan Pengaruhnya Terhadap Kebersihan Lingkungan

8 Aug 2015

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ إِلْيَاسَ عَنْ صَالِحِ بْنِ أَبِي حَسَّانَ قَال سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أُرَاهُ قَالَ أَفْنِيَتَكُمْ وَلَا تَشَبَّهُوا بِالْيَهُودِ.(رواه الترمذي : 2723 – سنن الترمذي _ المكتبة الشاملة - بَاب مَا جَاءَ فِي النَّظَافَةِ – الجزء : 9 – صفحة : 488)

Dari Shalih bin Abi Hassan, ia berkata: Aku pernah mendengar Sa’id bin Al-Musaayyab berkata: Sesungguhnya Allah itu Maha baik suka kepada kebaikan, Maha bersih suka kepada kebersihan, Maha mulia suka kepada kemuliaan, Maha pemurah suka kepada kemurahan dan; untuk itu BERSIHKANLAH DIRI KALIAN. Aku mengira, dia berkata : “BERSIHKANLAH PEKARANGAN KALIAN”, dan janganlah kalian menyerupai orang yahudi. (HR.Tirmidzi : 2723, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 9, hal. 488)

Kebersihan lingkungan merupakan suatu hal yang penting didalam kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan masyarakat. Maksud dari kebersihan lingkungan sendiri adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga komunitas yang menempati lingkungan tersebut terhindar dari berbagai macam penyakit. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah, nyaman.

Melalui hadits diatas, dapat kita ketahui bahwa sesungguhnya Allah sangatlah mencintai kebaikan, kebersihan, kemuliaan, dan juga kemurahan. Allah SWT. sangat mencintai kebersihan diri sehingga Allah seringkali menyuruh manusia untuk melakukan berbagai ritual untuk membersihkan diri seperti mandi wajib, berwudhu, dan berpuasa saat Ramadhan. Namun, kebersihan diri berefek terhadap kebersihan lingkungan pula. Kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebuah lingkungan yang kotor pasti dikelilingi oleh sebuah komunitas yang jorok dan malas. Oleh sebab itu, sebuah lingkungan harus bersih agar dapat meningkatkan kenyamanan anggota komunitas yang melakukan rutinitas dalam lingkungan tersebut.

Sebagai mahasiswa baru di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tahun 2015, penting bagi saya untuk mengaplikasikan hadits ini kedalam kehidupan sehari-hari saya sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa harus bisa menciptakan sebuah lingkungan kampus yang bersih. Lingkungan kampus yang bersih menciptakan suasana yang kondusif untuk para mahasiswa melakukan kegiatannya. Melalui lingkungan yang bersih, mahasiswa secara tidak langsung turut ikut meningkatkan kebersihan diri mereka masing-masing. Lingkungan kampus yang bersih mencerminkan mahasiswa yang berkualitas diri baik. Mari bersama-sama kita pelihara lingkungan kampus kita untuk kebersihan diri kita masing-masing!


TAGS publichealth ui2015


-

Author

Follow Me